;
PT. Meiji Indonesia
Kegiatan

PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENGOBATAN GRATIS

PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENGOBATAN GRATIS

Sebagai salah satu perwujudan tanggung jawab sosial Perusahaan / CSR (Corporate Social Responsibility), maka Manufacturing Division dari PT. Meiji Indonesia yang bertempat di Pabrik Bangil, Pasuruan - Jawa Timur mengadakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis kepada masyarakat desa di sekitar pabrik. Ada 4 wilayah Desa dan 1 Kelurahan yang menjadi sasaran kegiatan ini yaitu:

  1. Kelurahan Latek, Kecamatan Bangil
  2. Desa Pekoren, Kecamatan Rembang
  3. Desa Mojoparon, Kecamatan Rembang
  4. Desa Masangan, Kecamatan Bangil
  5. Desa Raci, Kecamatan Bangil

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, tim CSR pabrik yaitu HR & GA Section dan OSHE Section melakukan komunikasi dahulu dengan kantor Desa dan Kelurahan tentang rencana kegiatan tersebut dan juga berkoordinasi dengan Puskesmas Rembang yang mencakup wilayah Desa Pekoren dan Desa Mojoparon serta Puskesmas Raci, yang mencakup Desa Raci, Desa Masangan, dan Kelurahan Latek.

Setelah berkoordinasi serta berkomunikasi dengan pihak Desa, Kelurahan, dan Puskesmas, kami memperoleh jadwal pelaksanaan. Sebelum hari pelaksanaan kegiatan, setiap Desa/Kelurahan diberikan kupon sebanyak 200 kupon untuk dibagikan kepada warga masyarakat. Kupon tersebut nantinya digunakan sebagai tanda registrasi warga untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai dari Desa Pekoren, bertempat di Balai Desa Pekoren pada tanggal 30 Agustus 2016. Kemudian pada tanggal 1 September 2016 bertempat di Balai Desa Mojoparon. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 14.00.  Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan petugas medis dan dokter dari Puskesmas Rembang dan Raci sebagai pemeriksa kegiatan yang dibantu juga oleh beberapa mahasiswi Akper RSUD Kota Pasuruan. Para Apoteker PT. Meiji Indonesia, yang juga merupakan anggota Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), ikut andil dalam kegiatan ini dengan melakukan penyuluhan tentang keluarga sadar obat dengan program “DaGuSiBu” yaitu singkatan dari bagaimana menDapatkan obat, bagaiman mengGunakan obat, bagaimana Simpan obat dan bagaimana memBuang obat dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Latek pada tanggal 15 September 2016 bertempat di Balai Kelurahan Latek, kemudian Desa Masangan pada tanggal 20 September 2016 bertempat di Puskesdes Masangan, dan Desa Raci pada tanggal 21 September 2016 bertempat di Balai Desa Raci.

Secara keselurahan kegiatan ini berjalan dengan sukses dan animo warga masyarakat cukup besar, bahkan beberapa warga masyarakat menyampaikan agar kegiatan ini bisa dilakukan secara berkala mengingat manfaat yang diperoleh oleh masyarakat.